Seseorang yang mengalami kegagalan beribu-ribu kali adalah seseorang yang akan merasakan keberhasilan

hidup

Terkadang hidup memberi 100 alasan untuk menangis. Tetapi allah memberikan 1000 alasan untuk tersenyum.

Rabu, 17 Desember 2014

TUGAS EKONOMI KOPERASI BULAN KE 3



1. Jelaskan dampak berdirinya organisasi koperasi bagi perekonomian di indoneisa ?
Jawab :
Koperasi adalah Asosiasi orang orang yang bergabung dan melakukan usaha bersama atas dasar prinsip prinsip koperasi, sehingga mendapatkan manfaat yang lebih besar dengan biaya rendah melalui perusahaan yang dimiliki dan diawasi secara demokratis oleh anggotanya.
Dampak positif terbentuknya koperasi :
1.   Kebutuhan anggota dapat terpenuhi dengan saling bekerjasama dengan para anggota koperasi
2.   Keuntungan yang diperoleh koperasi didistribusikan kepada anggota dengan metode yang telah disepakati bersama
3.   Keuntungan yang belum dibagikan dijadikan cadangan koperasi

      Dampak langsung koperasi terhadap anggotanya
1.      Dapat dijadikan wadah promosi kegiatan ekonomi anggota koperasi
2.      Menjadi wadah pengembangan usaha dan keahlian sebagai wirausahawan

Dampak tidak langsung koperasi :
1.      Pengembangan sosial-ekonomi
2.      Pengembangan inovasi pada pengusaha kecil,contoh: inovasi teknik dalam melakukan produksi
3.      Pemerataan pendapatan dengan pemberian harga yang wajar antara produsen dan konsumen
           
2. Kenapa Ekonomi Koperasi pada saat ini tidak berkembang secara pesat di Indonesia ?
Jawab :
1.      Kurangnya penyuluhan dan pelatihan terhadap masyarakat, khususnya masyarakat pedesaan agar mau memliki organisasi usaha sendiri.
2.     Kurangnya kesadaran masyarakat untuk mau berkecimpung secara langsung dalam oraganisasi koperasi serta lingkungan yang tidak mendukung berkembangnya koperasi karena dinilai kurang menguntungkan secara finansial.
3.      Kurangnya dana dari pemerintah untuk memulai usaha ini disebabkan karena persyaratan yang terlampau susah dan cenderung tidak dapat dimengerti oleh para pelaku usaha seperti masyarakat.
4.      Kurangnya dana tambahan dari pemerintahan untuk operasional dan pemeliharaan mesin yang cenderung diawal produksi pasti membutuhkan biaya besar untuk menangani masalah tersebut
5.      Bertambahnya pesaing bisnis baru dan lebih kreatif yng berusaha mengambil pangsa pasar dari penjualan barang-barang hasil produksi koperasi.
6.      Maraknya kebijakan impor yang dilakukan pemerintah, seperti impor kedelai, jagung dll yang harganya dijual jauh lebih murah ketimbang produk-produk koperasi yang harganya lebih mahal.
7.      Kurangnya promosi dan sosialisasi terhadap koperasi dan produk-produknya yang dipasarkan dimasyarakat karena mahalnya biaya pemasaran itu sendiri.
8.      Pengelolaaan yang tidak profesional dari masing-masing pihak yang biasanya lebih mementingkan ego pribadi dalam menjalankan koperasi tersebut.

3. Menurut pandangan kalian bagaimana peran perguruan tinggi, pemerintah, perbankan dan masyarakat menjadi hal yang sangat penting bagi pertumbuhan koperasi indonesia ?
Jawab :
            Menurut saya peranan pemerintah ini sangat penting untuk perkembangan koperasi agar menjadi lebih baik lagi. Koperasi juga ikut dilindungi oleh pemerintah, agar apa yang telah dilaksanakan koperasi tidak dilaksanakan dengan bidang usaha lainnya. memberi bimbingan berupa penyuluhan, pendidikan ataupun melakukan penelitian bagi perkembangan koperasi serta bantuan konsultasi terhadap permasalahan koperasi melakukan pengawasan termasuk memberi perlindungan terhadap koperasi berupa penetapan bidang kegiatan ekonomi yang telah berhasil diusahakan oleh koperasi untuk tidak diusahakan oleh badan usaha lainnya. Peran koperasi dalam memajukan perekonomian masyarakat dari dulu hingga saat ini  sangat lah banyak. Karena masyarakat dapat meminjam atau berdagang pada koperasi tersebut. Bukan hanya itu saja  peranan yang dilakukan koperasi juga dapat membantu Negara untuk menggembangkan usaha kecil yang ada dalam masyarakat. Serta melakukan kegiatan usaha jasa kepada anggota. Peran perbankan terhadap koperasi di indonesia untuk mendukung kelancaran transaksi internasional, menghimpun dan simpanan masyarakatat, berbisnis dan berinvestasi. Peranan perguruan tinggi terhadap koperasi untuk meningkat jumlah dan kualitas koperasi dilingkungan perguruan tinggi dan lebih menyikapi perkembangan pengkoperasian.


 REFERENSI: 


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar