1.1.
Bentuk Pemasaran Hubungan
Mengacu kepada kata ‘hubungan’ maka
sangat banyak hubungan yang dapat diwujudkan oleh pemasar ataupun perusahaan.
Morgan dan Hunt menjelaskan jenis-jenis hubungan antar perusahaan dengan
pelanggan yang meliputi: pemasok, rekanan strategis, karyawan, klien, dan
hubungan lain sesuai dengan kefungsian perusahaan. Hubungan demikian didasarkan
kepada perspektif saling membutuhkan sebagaimana dikembangkan dalam ilmu
sosial. Sementara itu, Lacobucci and Hibbard
menjelaskan tiga bentuk hubungan yaitu;
1) bussiness marketing relationship (BMR), 2)
interpersonal commersial relationship (ICR), dan 3) bussiness to
customer relationship (BCR).
Lantas dimana posisi hubungan dengan pelanggan (customer relationship)?. Adapun pelanggan dalam kaitan ini adalah
harta (equity), sehingga dalam konteks ini pelanggan mengandung tiga aspek.
1.
Value equity. Pelanggan
senantiasa mempertimbangkan nilai daripada
barang dan jasa yang disampaikan oleh perusahaan.
2.
Brand equity. Subjektivitas
pelanggan dalam hal ini muncul karena kesadaran dan perilakunya atas merek dan
perusahaan penyedia barang dan jasa.
3.
Retention equity. Tendensi
pelanggan untuk bertahan dengan merek barang dan jasa tertentu.
Sumber :
johannessimatupang.files.wordpress.com
Tidak ada komentar:
Posting Komentar