Seseorang yang mengalami kegagalan beribu-ribu kali adalah seseorang yang akan merasakan keberhasilan

hidup

Terkadang hidup memberi 100 alasan untuk menangis. Tetapi allah memberikan 1000 alasan untuk tersenyum.

Jumat, 04 November 2011

HUBUNGAN PEMASARAN


1.1.                 Bentuk Pemasaran Hubungan

Mengacu kepada kata ‘hubungan’ maka sangat banyak hubungan yang dapat diwujudkan oleh pemasar ataupun perusahaan. Morgan dan Hunt menjelaskan jenis-jenis hubungan antar perusahaan dengan pelanggan yang meliputi: pemasok, rekanan strategis, karyawan, klien, dan hubungan lain sesuai dengan kefungsian perusahaan. Hubungan demikian didasarkan kepada perspektif saling membutuhkan sebagaimana dikembangkan dalam ilmu sosial. Sementara itu, Lacobucci and Hibbard menjelaskan   tiga bentuk hubungan yaitu; 1) bussiness marketing relationship (BMR), 2)  interpersonal commersial relationship (ICR), dan 3) bussiness to customer relationship (BCR).
Lantas dimana posisi hubungan dengan pelanggan (customer relationship)?.  Adapun pelanggan dalam kaitan ini adalah harta (equity), sehingga dalam konteks ini pelanggan mengandung tiga aspek.
1.                  Value equity. Pelanggan senantiasa mempertimbangkan nilai daripada  barang dan jasa yang disampaikan oleh perusahaan.
2.                  Brand equity. Subjektivitas pelanggan dalam hal ini muncul karena kesadaran dan perilakunya atas merek dan perusahaan penyedia barang dan jasa.
3.                  Retention equity. Tendensi pelanggan untuk bertahan dengan merek barang dan jasa tertentu.

Sumber            : johannessimatupang.files.wordpress.com

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar