A. Pentingnya
Riset Pemasaran
Seiring
dengan pesatnya perkembangan bisnis dewasa ini, proses pengambilan keputusan,
preferensi, perilaku dan kepuasan konsumen kini menjadi fokus perhatian setiap
perusahaan yang ingin tetap eksis dan unggul dalam persaingan berskala global.
Identifikasi kebutuhan dan keinginan konsumen memerlukan penelitian terhadap
pasar, baik pasar saat ini maupun pasar potensial.
Demikianlah
Riset Pemasaran berperan sebagai dasar penyusunan strategi dan taktik
pemasaran, dimana harus didukung dengan data yang akurat, relevan, terpercaya,
obyektif dan tepat waktu, sehingga manajemen perusahaan dapat merencanakan dan
melaksanakan dengan baik berbagai aspek pemasaran, seperti pengembangan produk
dan merk, penentuan harga, pendistribusian produk dan komunikasi pemasaran terintegrasi.
B. Definisi
Riset Pemasaran
Riset
Pemasaran menurut Malhotra (1996) merupakan identifikasi, pengumpulan, analisis
dan penyebarluasan informasi secara sistematis dan obyektif dengan tujuan untuk
membantu manajemen dalam pengambilan keputusan berkaitan dengan identifikasi
dan pemecahan masalah dan peluang dalam bidang pemasaran.
C. Kriteria Riset Pemasaran
a. Relevan
Menghasilkan
informasi yang dibutuhkan untuk merespon tantangan atau menyelesaikan masalah
pemasaran yang dihadapi perusahaan.
b. Tepat Waktu
Hasil
penelitian selesai tepat pada waktunya
c. Efisien
Setiap
riset pemasaran harus memberikan nilai tambah lebih besar dari pada biaya yang
telah dikeluarkan.
d. Obyektif
Agar
hasil penelitian berkualitas baik, sehingga kesalahan interpretasi dapat
dihindari.
D. Klasifikasi Riset Pemasaran
a. Riset Identifikasi Masalah
Membantu mengidentifikasi masalah yang mungkin tidak atau
belum muncul ke permukaan, namun telah atau bakal terjadi di masa depan.
Riset Identifikasi masalah terdiri dari : riset potensi
pasar, riset pangsa pasar, riset citra merk atau perusahaan, riset
karakteristik pasar, riset analisis penjualan, riset peramalan bisnis, dan
riset trend bisnis.
Bab
9 – Riset Pemasaran 84
b. Riset pemecahan masalah
Digunakan dalam pembuatan keputusan untuk memecahkan
masalah pemasaran spesifik.
Riset pemecahan masalah meliputi : riset segmentasi,
riset produk, riset penetapan harga, riset promosi, riset distribusi.
E. Proses Riset Pemasaran
E.1. Perumusan masalah
Riset hanya dapat dirancang secara sistematis untuk
memberikan informasi berharga jika masalah yang dihadapi telah dirumuskan
secara jelas dan akurat.
E.2. Penentuan desain riset
Desain riset merupakan kerangka atau cetak biru untuk
melaksanakan proyek riset pemasaran, yang menjabarkan prosedur untuk
mendapatkan informasi yang dibutuhkan dalam memecahkan masalah riset pemasaran.
Komponen-komponen desain riset :
1. Menentukan desain riset
pemasaran (eksploratoris, deskriptif atau kausal).
2. Menentukan informasi yang
dibutuhkan.
3. Menetapkan prosedur
pengukuran dan skala.
4. Menyusun dan melakukan
pre-test terhadap kuesioner atau bentuk pengumpulan data lainnya.
5. Menetapkan proses sampling
dan jumlah sample.
6. Menyusun rencana analisis
data.
Setelah menyelesaikan bab ini,
diharapkan peserta dapat menjelaskan dan membandingkan praktik pemasaran
hubungan dari berbagai perusahaan;
1. Munculnya konsep pemasaran hubungan
2. Implementasi Pemasaran hubungan
3. Praktik pemasaran hubungan
4. Pengalaman salah satu prpoduk
dalam mengembangkan pemasaran hubungan
Tidak ada komentar:
Posting Komentar