Seseorang yang mengalami kegagalan beribu-ribu kali adalah seseorang yang akan merasakan keberhasilan

hidup

Terkadang hidup memberi 100 alasan untuk menangis. Tetapi allah memberikan 1000 alasan untuk tersenyum.

Minggu, 07 November 2010

Menkeu: Inflasi 2009, Terendah Sepanjang Sejarah


Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengapresiasi laju inflasi sepanjang tahun 2009 yang jauh di bawah batas target atau sebesar 2,78 persen. Laju inflasi ini tercatat merupakan terendah sepanjang sejarah Indonesia. Sebelumnya, pemerintah menargetkan laju inflasi sepanjang 2009 mencapai 4,5 persen. Selama ini, inflasi Indonesia cenderung berada di angka 5 persen.

"Saya dengar dari BPS (Badan Pusat Statistik) inflasi year on year 2,78 persen. Ini lebih rendah sepanjang sejarah," ujar Menkeu saat jumpa pers akhir tahun di Kantor Kementerian Koordinator Perekonomian, Jakarta, Senin (4/1/2010).

Di sisi lain, kinerja bursa juga menunjukkan peningkatan. Akhir tahun 2009, indeks harga saham gabungan atau IHSG naik 87 persen dibandingkan tahun 2008 atau tertinggi di seluruh ASEAN.

Posisi cadangan devisa akhir tahun 2009 juga tercatat tertinggi sepanjang sejarah Indonesia atau mencapai 65 miliar dollar AS. "Presiden tadi pagi mengatakan dari sisi neraca, cadangan devisa kita harus meningkat setidaknya 100 miliar dollar AS," kata Menkeu.

Nilai tukar rupiah rata-rata dalam satu tahun sepanjang 2009 mengalami apresiasi 15 persen dan termasuk tinggi di kawasan Asia.

                                                           Sumber  :  Kompas.com



Pendapat saya             :
  1. Agar Inflasi di Indonesia tidak rendah untuk sepanjang sejarah maka harus dilakukan Pengaturan Pengeluaran Pemerintah dengan Menjaga penggunaan anggaran negara sesuai dengan perencanaan.
  2. Pemerintah harus mengendalikan tingkat suku bunga perbankan 
  3. Pemerintah menarahkan kredit usaha kecil, sehingga perekonomin tetap bejalan lancar

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar