Seseorang yang mengalami kegagalan beribu-ribu kali adalah seseorang yang akan merasakan keberhasilan

hidup

Terkadang hidup memberi 100 alasan untuk menangis. Tetapi allah memberikan 1000 alasan untuk tersenyum.

Kamis, 24 Februari 2011

Pengertian bangsa


Secara etimologi bangsa adalah kesatuan orang-orang yang sama asal usulnya, keturunan, adat istiadat, bahasa dan sejarahnya, golongan orang yang mempunyai asal- usul dan sifat khas yang sama. Dalam bahasa Sansekerta dikenal dengan istilah Wangsa yang berarti hubungan persaudaraan, ras atau suku, hubungan darah dan keturunan.
Secara Sosiologi bangsa diartikan sebagai persekutuan hidup masyarakat yang berdiri sendiri yang mempunyai kesamaan ras, bahasa, agama, adat istiadat, dan merasa sebagai satu kesatuan. Sedangkan dalam arti politis bangsa diartikan sebagai masyarakat yang berada dalam suatu wilayah dan mereka tunduk pada kekuasaan negara yang bersangkutan.
Terbentuknya bangsa menurut Hans Kohn adalah kebanyakan bangsa terbentuk karena adanya faktor-faktor objektif tertentu yang membedakannya dengan bangsa lain. faktor tersebut antara lain: kesamaan keturunan, wilayah, bahasa, adat istiadat, kesamaan politik, perasaan dan agama.
Ada 4 pakar berpendapat mengenai pengertian Bangsa:
a.     Ernest renan (prancis) bngsa tbntuk karna adanya keinginan hidup bersama.
b.    Otto bauer (jerman) bngsa adlh klmpk manusia yg mempnyai persamaan karakter. Karakteristik tmbh karna adany persamaan nasib.
c.     F ratzel (jerman) bgnsa terbntk karna adany hastrat bersatu.
d.      Hans kohn (jerman) bgnsa adlh hasil tenaga hdp manusia dlm sejarah. Suatu bgsa merupakan gol yg beraneka ragam n tdk dpt drumuskan scara pasti.

                                                                                            Sumber  : wikipedia indonesia
ss

3 komentar:

  1. tambah lebih lanjut donk...

    BalasHapus
  2. terima kasih banyak untuk berbagi informasi ... Semoga Tuhan memberikan yang terbaik buat Kita Semua

    BalasHapus